Posted by: spiritualkundalini | November 20, 2015

Konsep Penyembuhan Tirta dari Pura Tirta Empul, Tampaksiring, Gianyar

Tirta yang keluar dari tiap pancuran dalam pandangan menembus batas Bapak Ngurah Ardika pada intinya memiliki empat komponen yang dapat menghilangkan suatu gangguan penyakit yaitu :

  1. Tirta Suci yang berfungsi untuk membasahi penyakit dan memecah komponen penyakit yaitu tubuh penyakit dan rohnya
  2. Sinar Suci yang berfungsi untuk menghancurkan roh penyakit
  3. Api Suci yang berfungsi untuk membakar tubuh penyakit ampai akar-akarnya
  4. Tirta Suci yang berfungsi untuk mengembalikan jaringan tubuh sesuai dengan asalnya dengan jalan memperbaiki regenerasi sel

tirta_empul

Keempat komponen tirta dari tirta empul seperti diatas juga merupakan urutan kerja dari tirta untuk menciptakan kesembuhan. Hal ini berlaku pada badan fisik maupun badan energy. Untuk dapat menyembuhkansuatu penyakit terlebih dahulu penyakit itu dipecah sehingga dapat diatasi secara focus. Penyakit dipisahkan atas tubuh penyakit dan rohnya. Keduanya harus dimusnahkan untuk mendapatkan kesembuhan secara optimal. Jika hanya tubuhnya yang dimusnahkan maka roh penyakit dapat membentuk tubuh baru, sedangkan jika rohnya saja yang dimusnahkanmaka tubuhnya yang sudah berakar akan tetap mengganjal dan gejala penyakit akan tettap terasa. Oleh karena itu dari Tirta muncul Sinar Suci yang memusnahkan roh penyakit dan Api suci yang akan membakar tubuh penyakit sampai ke akar-akarnya. Berbagai kerusakan yang ditimbulkan selama penyakit itu bercokol tetntu harus diperbaiki jika tidak dapat beupa gejala sisa yang masih sering dirasakan sebagai suatu penyakit oleh penderita sehingga pengobatan belum dianggap tuntas. Maka Tirta suci terakhir akan merangsang regenerasi sel sesuai dengan sel dimana jaringan itu berada.

Untuk mendapatkan manfaat seperti diatas satu hal yang penting yang harus dilakukan adalah lakukan secara iklas dan pasrahkan semuanya kepada Tuhan Yang Maha Kuasa karena semua terjadi karena kuasa Tuhan Semata. Satu hal yang sering menyebabkan tidak berhasil adalah ego tidak iklas dan pikiran yang tidak pasrah. Pada saat seperti itu maka Sangku / Tempat Tirta yang ada di langit tidak menuangkan Tirta pada masing-masing pancuran sehingga yang di dapat oleh mereka adalah air semata sebagaimana air biasa. Hendaknya iklas dan pasrah melukat di Tirta Empul sehingga kuasa Tuhan mengalir seperti aliran dari Pancuran Tirta Empul.

*sumber dari buku Tirta Empul karangan Bapak I Putu Ngurah Ardika, S.Sn

buku tirta empul


Responses

  1. om swastiastu, mohon info jadwal tirtayatra yayasan bulan april 2016, dan bulan bulan berikutnya. sukseme, Ngakan


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: